Cara belajar Kalkulus (calculus) dengan mudah

Panduan ini saya buat karena pusing harus mengajari teman saya yang diwajibkan belajar kalkulus saat kuliah. Mata kuliah matematika dasar menjadi momok yang sangat ditakuti oleh para mahasiswa yang tidak terlalu suka dengan matematika. Padahal mata kulaih tersebut adalah wajib hukumnya. Untuk menjadi logika analisa dalam bidang apapun. Statistik dan grafiklah yang akan menjadi acuan dari penelitian akhir. Bagimana tidak pusing. Terakhir menggunakan kalkulus secara teoritis sudah saya ditinggalkan 8 tahun yang lalu. Saat ini lebih banyak analisa dengan grafik dan komputer yang berupa angka dan tabel.

Saya jadi ingat ketika enam tahun yang lalu harus mengajari adik saya yang sekarang sudah menjadi Arsitek Muda dan tinggal di yogyakarta. Dia bingung harus belajar dari mana saat belajar kalkulus. Sebab kemampuan matematikanya di saat SMUN menjadi kacau balau karena tidak senang dengan sang guru. Yang katanya terkenal galak dan menyeramkan. Saat itu saya test beberapa dasar teori dari turunan phytagoras, sinus, cosinus dan grafik cartesian yang menjadi dasar dari calculus tadi. Tidak dong… walah… berat…

Berikut ini beberapa trik saya mengajarinya dan akhirnya dia bisa lulus dengan nilai yang cukuplah untuk sekedar lulus menjadi serorang sarjana C.. :) . Mungkin anda bisa mencobanya apabila teman, adik atau pacar anda meminta bantuan anda untuk mengajari kalkulus.

Panduan ini sedikit konyol menurut saya. Namun terbukti berhasil pada saya dan mengantarkan beberapa teman menjadi sarjana. (Yang penting lulus dulu.. itu prinsip saya).
Pertama – Cari teman,saudara, atau kerabat yang mempunyai anak masih sekolah di SMU bagian IPA. Pinjamlah buku matematika dari semester satu sampai semester 6. Cari bagian yang berhubungan dengan trigonometri, sinus cosinus dan grafik. Di buku tersebut penjabaran matematika dasar lebih sederhana dan dimengerti. Lah kok balik ke SMU. Itu mungkin ayang ada di benak anda. Ya.. memang.. sebab anda tidak memiliki dasar pengetahuan yang kuat.. lah wong rumus pytagoras saja tidak hapal.. Gimana sampai dengan limit… wow berat..
Kedua – Coba cari dan pinjam dari kakak kelas, serta cari tahu soal ujian tahun lalu. Bila soal ujian tidak boleh dibawa pulang, setidak-tidaknya kakak kelas kita masih ingat kira-kira soal model apa yang akan keluar di saat ujian nanti.
Ketiga – latihanlah mengerjakan soal-soal ujian tersebut sampai benar-benar sesuai dengan Kunci Jawaban. Bila tidak mengerti buka buku dan tanya sama teman…
Keempat – Buku-buku contoh soal sering membantu logika kita dalam belajar. Sebab matematika terkadang lebih mudah mengerti bila kita tahu jawabannya. Setidak-tidaknya tahu arah soalnya.
Kelima – Bila besok menghadapi ujian dan stress, sebaiknya anda main saja atau nonton tv. dan Tidur. Sebab percuma belajar lagi bila besok sudah ujian masih juga tidak ingat Rumus Dasar Kalkulus.
Sedikit pertanyaan dari saya.. Hapalkah anda sinus 0 derajat,30 derajat,45 derajat dan 90 derajat? begitu juga dengan tangen dan co-nya. Bila besok ujian masih juga tidak ingat bagaimana mencari sincostang tesebut. Tidur saja dari pada DI Per Cos A sama pikiran yang pusing. Pikir saja besok bisa dan tulis.. moga-moga lulus.
Namun jaman sekarang, ada internet, cukup banyak panduan dan altenative belajar calculus dari internet. Sedemikian mudahnya sampai-sampai ada program yang menghitung dan mencari jawaban dari soal anda hanya dalam beberapa menit. Sebagai panduan anda bisa menetikkan kata “calculus”di search engine google. Menurut saya, bila ingin belajar dari internet anda bisa mengunjungi website ini http://archives.math.utk.edu/visual.calculus/ cukup interaktif panduan dari mereka. Jangan lupa untuk mendownload terlebih dahulu software plugin versi gratis dari http://www.livemath.com
Semoga bisa membantu kuliah anda.
Ada pertanyaan teman saya yang cukup bagus juga menurut saya. Apa sich gunanya kalkulus? dan bagaimana aplikasiya di lapangan nanti? Mudah jawabannya. Bisakah kamu menghitung plat Baja yang digunakan untuk membuat sebuah drum? Beratnya, Ukurannya dan Isinya secara pas sebelum dilaksanakan pabrikasi?
Dengan kalkulus bisa dihitung secara manual tanpa kalkulator dan komputer. Itu jawabannya.. benar nggak ya..
Moga-moga benar.. dan semoga anda bisa cepat lulus kuliahnya. Jangan drop out gara-gara matematika dasar tidak lulus-lulus….

Incoming search terms for the article: